-->

Informasi Serba Definisi

Memahami Transportation Prepositions : By, In, On

Memahami Transportation Prepositions : By, In, On

Transportation Prepositions In English - Tutorial materi pembelajaran bahasa inggris kali ini, kita akan membahas preposisi yang digunakan dalam transportasi.

Sebagian dari kita mungkin sudah memahami kata depan (preposisi) : In, Out dan By.

Namun , terkadang kita masih merasa bingung ketika digunakan dalam soal-soal yang berhubungan dengan transportasi.

Untuk menguji pemahaman kita tentang prepositions for transportation, coba anda jawab soal berikut. Jawaban yang benar adalah bagian yang dihighlight berwarna merah:

1. The kids were excited to be ____ a helicopter.
A. In
B. On
C. By

2. I always travel ____ bus to work.
A. In
B. On
C. By

3. I was ____ the bus when the rain poured so hard.
A. In
B. On
C. By



Nah, jika anda dapat menjawabnya dengan benar, kemungkinan besar anda sudah memahami perbedaan ketiga jenis preposisi tersebut.

Namun jika anda masih bingung penggunaannya, seperti pada No.2 dan No.3 yang sama-sama tranportasinya adalah bus, akan tetapi memiliki jawaban yang berbeda. Tenang saja, kita akan coba mengupasnya secara sederhana agar lebih mudah dipahami.

Kata preposisi "By" pada transportasi

Preposisi "By"  digunakan sebagai kata yang paling umum dalam menyatakan dengan apa kita melakukan perjalanan atau berpergian. Kata yang paling umum tersebut menggunakan kata "travel".

Contoh.1 :
  • We travel by car ,
  • You travel by train 
  • He travels by bus, 
  • We travel by plane 
  • We can travel by bike
Seperti yang anda perhatikan contoh di atas, apapun jenis tranpostasinya kita dapat gunakan dengan preposisi "by" apabila kita gunakan dengan menggunakan kata "travel".

Kita juga dapat menggunakan preposisi "by" untuk jalur transportasi atau permukaan yang dilalui transportasi tersebut. Jalur-jalur transportasi tersebut adalah : by sea, by rail, by land, by air.


Contoh.2:
  • I usually travel to Medan by air (Saya biasanya berpergian ke Medan melalui jalur udara)
  • He travel to Surabaya by rail (Saya berpergian ke Surabaya melalalui jalur rel kereta api)

Baik Contoh.1 maupun Contoh.2 di atas, poin pentingnya adalah kata "travel". Jadi ketika memakai kata travel, maka preposisinya adalah "by", apakah digunakan untuk menyatakan jenis kendaraan ataupun menyatakan jalur yang dilewati kendaraan tersebut.

Penggunaan preposisi "On" 

Ada dua kategori penggunaan preposisi "On" pada transportasi :
  • Preposisi "On" digunakan untuk menyatakan jenis transportasi yang tidak tertutup, seperti : horse, bicycle, jetski dan lain-lain.
  • Preposisi "On" digunakan juga untuk menyatakan jenis tranportasi yang tertutup. Namun dalam tranporstasi tersebut kita bisa bangun dan berjalan-jalan dalam transportasi tersebut. Contohnya adalah : Pesawat, Kereta Api. Walaupun pesawat dan kereta api adalah jenis transportasi tertutup, namun kita dapat bangun dan berjalan dalam pesawat dan kereta api.
Agar kita dapat memahaminya dengan jelas, perhatikan contoh berikut :
  1.  I am riding on a horse (Saya naik kuda)
  2.  I’ll go to the island on a jetski (Saya akan ke pulau tersebut dengan jetski)
  3. We need to get on this bus (Kita perlu naik bus ini)
  4.  We go on a plane (Kami naik pesawat)
  5.  We go on a train (Kami naik kereta api)
  6.  We go on a ship (Kami naik kapal laut)

Kalimat No.1 dan No.2 adalah jenis kendaraan yang terbuka. Horse (kuda) merupakan hewan yang digunakan sebagai salah satu transportasi. Karena Horse (kuda) adalah transportasi yang terbuka (tidak tertutup), maka digunakan preposisi "On". Begitu juga dengan Jetski, merupakan kendaraan yang terbuka juga. Maka untuk Jetski digunakan juga preposisi "On".

Kalimat No.3, No.4, No.5 dan No.6 adalah jenis kendaraan tertutup. Walaupun merupakan kendaraan tertutup, namun dalam pesawat, kereta api, bus dan kapal laut, kita dapat berdiri dan berjalan. Untuk itu tetap digunakan "On".

Penggunaan preposisi "In" 

Preposisi "In" digunakan untuk jenis tranposrtasi tertutup, seperti : car, helicopter, taxi, truck, van dsb. Jenis-jenis transportasi tersebut berbeda seperti pesawat, kereta api, kapal laut. Walaupun sama-sama tertutup, namun dalam mobil, helicopter, truck, taxi, namun kita tidak dapat berdiri dan berjalan-jalan.

Contoh:
  • I went to the school in a taxi (Saya pergi ke sekolah dengan taxi)
  • The kids were excited to be in a helicopter (Anak-anak senang berada di helikopter)
  • The boxes are loaded in the van (Kotak-kotak itu dimuat di dalam van).

Nah sekarang kita sudah memahami perbedaan ketiga jenis preposisi untuk bidan transportasi. Hal yang sering membingungkan adalah masalah penggunaan preposisi "On". Untuk itu, silahkan dipahami penjelasan dan contoh di atas secara teliti.

Share this: