-->

Informasi Serba Definisi

Pengertian Fotosintesis dan Proses Fotosintesis

Pengertian Fotosintesis dan Proses Fotosintesis

Serba definisi kali ini akan membahas tentang topik dalam ilmu biologi dengan pembahasan tentang fotosintensis.

Dalam pembahasan tentang fotosintesis, seperti biasa kita akan mengupas dari sisi harfiah kata itu sendiri (definisi) kemudian dilanjutkan dengan bagaimana siklus atau proses fotosintensis itu sendiri.Sehingga nantinya anda akan memahami secara utuh dan mendalam tentang fotosintesis itu sendiri.

Daftar Isi

Pengertian Fotosintesis

Istilah dari kata Fotosintesis pada dasarnya berasal dari bahasa Yunani, yakni fó̱to dan sýnthesis. Fó̱to memiliki arti sebagai cahaya sedangkan sýnthesis merupakan kata yang bermakna menggabungkan atau penggabungan.

Secara istilah biologi, Fotosintesis adalah suatu proses pembuatan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan ( terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun atau klorofil) dengan melibatkan bantuan cahaya matahari, air, dan karbon dioksida sehingga menghasilkan zat makanan dan Oksigen (O2).

Reaksi Fotosintesis

Reaksi fotosintensi dibagi menjadi dua :
  • Reaksi Terang, membutuhkan cahaya matahari dan sudah barang tentu harus terjadi di siang hari. Dalam reaksi terang, klorofil mengubah energi matahari menjadi energi kimia dalam bentuk ATP.
  • Reaksi Gelap, yaitu reaksi fotosintesis yang tidak membutuhkan cahaya. Pada reaksi gelap ini terjadi proses pembentukan karbohidrat melalui konversi CO2 dan air. Reaksi gelap terjadi melalui dua jalur, yaitu siklus Calvin-Benson dan siklus Hatch-Slack.

Fungi Fotosintesis

  • Memproduksi zat makanan berupa glukosa. Glukosa menjadi bahan bakar dasar pembangun zat makanan lainnya, yaitu lemak dan protein dalam tubuh tumbuhan. Zat-zat ini menjadi makanan bagi hewan maupun manusia.
  •  Fotosintesis juga dapat membantu membersihkan udara, yaitu mengurangi kadar Karbondioksida (CO2) di udara karena Karbondioksida adalah bahan baku dalam proses fotosintesis. 

Unsur-unsur dalam pembentukan fotosintensis

Dalam proses pembentukan zat makanan pada proses fotosintensis, ada beberapa unsur yang dilibatkan oleh sebuah tumbuhan, seperti yang ditunjukkan oleh Gambar dibawah ini :
(Credit Photo: tellmewhyfacts.com)
  • Cahaya Matahari
    Semakin tinggi intensistas cahaya matahari maka akan semakin banyak energi yang dihasilkan sehingga mempercepat dalam proses fotosintesis. Namun, intensitas cahaya matahari yang  terlalu tinggi dapat menyebabkan rusaknya klorofil pada tumbuhan.
  • Klorofil
    Klorofil adalah pigmen hijau yang ditemukan dalam kloroplas . Klorofil sangat penting untuk penyerapan sinar cahaya dan transformasi energi. Sebuah tanaman tanpa klorofil tidak mampu menghasilkan zat makanan, sehingga biasanya tanaman tersebut hidup sebagai parasit atau saprofit.
  • Karbondioksida
    Karbondioksida diperoleh tanaman dari udara oleh proses difusi melalui membran sel daun. Karbodioksida ini terlibat langsung dalam pembentukan glukosa.
  • Enzim
    Enzim adalah zat organik yang mempercepat reaksi kimia fotosintesis.
  • Mineral dan Air
    Mineral garam dan air diperoleh melalui rambut akar tanaman. mineral ini digunakan, untuk pembentukan klorofil dan sebagai bahan baku untuk pembentukan gula, yang merupakan produk dasar fotosintesis.

Proses fotosintesis pada tumbuhan

Dari unsur-unsur yang terlibat dalam proses fotosintensis seperti yang disebutkan diatas, maka proses fotosintesis dapat kita tuliskan dalam bentuk formula reaksi kimia seperti yang ditunjukkan oleh Gambar dibawah ini : Proses fotosintesis dapat dilakukan oleh tumbuhan , alga dan bakteri yang memiliki zat hijau daun atau yang biasa kita kenal dengan istilah klorofil. Proses ini dilakukan pada siang hari. Untuk proses berikutnya dalam artian reaksinya (lihat penjelasan Reaksi Fotosintesis) dapat terjadi pada siang hari atau malam hari.

Share this: