-->

Informasi Serba Definisi

Apa yang dimaksud dengan Inaugurasi atau Inagurasi

Apa yang dimaksud dengan Inaugurasi atau Inagurasi

Serba definisi dalam kesempatan ini akan membahas tentang pengertian dari inaugurasi atau yang kadang-kadang sering disebut inagurasi (tanpa u).

Kata-kata inaugurasi bagi sebagain siswa ataupun mahasiswa sudah tidak asing dengan kata tersebut, biasanya sering diistilahkan dengan malam inagurasi. Kebanyakan menyebut inagurasi dibandingkan inaugurasi.

Penggunaan kata inaugurasi bukan hanya sering diucapkan dalam kegiatan pada mahasiswa baru, pada acara resmi kepresidenan amerika juga sering disebut dengan istilah inaugurasi. Lalu sebenarnya apa sich definisi atau maksud dari inaugurasi itu ?.

Pengertian Inaugurasi

Inaugurasi merupakan suatu kegiatan atau acara resmi dalam memperkenalkan suatu lingkungan baru (malam inaugurasi bagi mahasiswa) ataupun suatu acara pelantikan terhadap suatu jabatan (umumnya sering dilakukan diluar negeri).

Dengan demikian, kata inaugurasi ini akrab di telinga mahasiswa terutama mahasiswa baru. Sedangkan penggunaan inaugurasi dalam "pelantikan suatu jabatan" mungkin jarang kita dengarkan. Istilah inaugurasi bagi pelantikan suatu jabatan lebih sering digunakan di negara luar, seperti yang berita hangat baru-baru ini tentang inaugurasi presiden amerika serikat (Donald Trump).


Kata inaugurasi pada dasarnya adalah kata serapan yang berasal dari bahasa inggris dengan kata "inauguration". Jika kita mencari pengertian inauguration pada google search dengan mengetikkan what is inauguration ?, maka akan ditampilkan hasil seperti gambar. dibawah ini :

Dengan demikian inaugurasi pada intinya merupakan suatu acara formal yang direncanakan dan memiliki tujuan yang positif.

Selain itu, kata ‘inauguration’ diserap menjadi INAUGURASI bukan INAGURASI yang sering kita dengar dan baca-baca pada beberapa blog.


Share this: